25/07/15

Fakta Aneh Tentang Ratu Jodha Serial Jodha Akbar ANTV yang Wajib Kamu Tahu

Fakta Aneh Tentang Ratu Jodha Serial Jodha Akbar ANTV - Setelah sebelumnya kabarasia.com menulis mengenai ’10 Fakta menarik Drama Jodha Akbar’ dan mendapat respon positif dari pembaca, maka kami berniat mengulas lebih dalam tentang fakta-fakta Ratu Jodha. Nah melalui penjabaran fakta ini kamu akan menjadi lebih tahu tentang Ratu Jodha. Sebenarnya banyak fakta-fakta aneh lho mengenai ratu Jodha ini, misalnya mengenai agama Ratu Jodha sendiri, padahal ia disebut beragama Hindu tapi kok saat meninggal di kubur bukan dikremasi? Aneh kan? Selain itu ada juga lho Masjid Ratu Jodha... mau tahu penjelasannya silahkan baca tulisan berikut.

Fakta Aneh Ratu Jodha Serial Jodha Akbar ANTV 

Fakta Aneh Tentang Ratu Jodha Serial Jodha Akbar ANTV
Ratu Jodha Serial Jodha Akbar ANTV 
  • Tidak pernah ada nama Ratu Jodha di Kerajaan Mughal – Dalam serial Jodha Akbar ANTV nama Ratu Jodha disebut sebagai nama pemeran wanita dalam drama India tersebut bahkan dijadikan sebagai judul ‘Jodha Akbar’. Nah kenapa bisa begitu ya? Padahal nama Ratu Jodha ini sangat populer sekali apalagi setelah tayangnya serial Jodha Akbar ANTV di Indonesia. Apakah nama ini sudah ada pada saat Ratu Jodha hidup dahulu? Jawabannya adalah salah. Berikut penjelasannya. Fakta nama asli dari Ratu Jodha adalah Hira Kunwari, dalam sumber-sumber lain ditulis Heer Kunwari. Nama ini adalah nama yang dipakai sebelum menikah dengan Penguasa Mughal, Raja Jalaluddin. Kemudian setelah menikah nama Hira Kunwari diganti menjadi nama Islam Mariam-uz-Zamani. Penggantian nama Islam sendiri dikarenakan Raja Jalaluddin beragama Islam. Dan nama Joda Bai atau ratu Jodha sendiri digunakan oleh para sejarawan abad ke 19 untuk menyebut nama istri ketiga dari Raja Jalaluddin ini. Jadi selama Ratu Jodha hidup sampai meninggal sebenarnya tidak pernah ada nama itu di Kerajaan Mughal :)
  • Ratu Jodha ini Istri Pemberian – Mengenai status awal Ratu Jodha adalah istri pemberian adalah benar. Raja Bharmal dari Amer memang memberikan anaknya yang bernama Hira Kunwari atau Ratu Jodha kepada Kerajaan Mughal sebagai tanda sekutu kedua kerajaan. Pada jaman dahulu pemberian anak seorang raja untuk dijadikan istri kepada raja lain yang lebih kuat adalah hal yang wajar. Itu disebut sebagai pernikahan politik. Dengan adanya perkawinan politik maka hubungan kedua kerajaan atau penguasa akan menjadi baik dan hal itu menguntungkan kedua belah pihak. Dan Ratu Jodha adalah istri ketiga setelah Ratu Ruqaiya dan Ratu Salima. Raja Jalal dan Ratu Jodha menikah pada 6 Februari 1562 di Sambhar, Rajasthan, India.
  • Ratu Jodha adalah pedagang - Dalam serial Jodha Akbar ratu Jodha digambarkan sebagai permaisuri yang hanya menghabiskan waktunya di istana dan melayani raja. Ternyata dalam sumber-sumber sejarah Kerajaan Mughal Ratu Jodha ini tak hanya sekedar leha-leha di kamar. Ratu Jodha aktif dalam mengatur perdagangan internasional Kerajaan Mughal. Saat itu barang dagangan rempah-rempah dan sutra adalah barang mahal yang menopang perekonomian Kerajaan Mughal. Sebagai pedagang ia memang tidak terjun langsung ke lapangan, ia lebih berfokus pada pengeloaan dagang. Sebagai pembisnis Ratu Jodha memiliki kapal layar besar yang bisa diisi ribuan penumpang saat itu plus barang dagangan. Dan kapal milik ratu Jodha ini selain untuk mengirim dagangan juga digunakan untuk transportasi rakyat Islam di India yang ingin berziarah atau menunaikan Haji di Mekkah. Wah...wah...
  • Agama Ratu Jodha aneh? Di serial Jodha Akbar ANTV, ratu Jodha selalu menjalankan ritual-ritual Hindu padahal suaminya Raja Jalaluddin beragama Islam. Dalam catatan sejarah, Raja Jalaluddin dikenal sebagai raja yang memiliki rasa toleransi tinggi terhadap berbagai agama. Bahkan ia juga membangun tempat khusus bagi para pemuka berbagai agama berdialog mengenai agama. Karena sifat Raja Jalaluddin ini, ia juga tidak memaksa istrinya Ratu Jodha untuk berpindah agama. Jodha tetap menjalankan ritual Hindu, bahkan Raja Jalaluddin juga mendirikan sebuah kuil Hindu di istana. Ratu Jodha dalam ritual Hindu adalah pemuja Dewa Krisna, sehingga istana permaisuri Ratu Jodha ini banyak dihiasi lukisan Dewa Krisna. Namun yang aneh adalah setelah meninggal dunia, Ratu Jodha dikubur bukan dikremasi. Aneh kan? mengenai hal ini kami juga bingung belum bisa memberi informasi lebih lanjut, maaf ya... Sebagai gantinya ada sedikit tambahan informasi, Ratu Jodha meninggal dunia pada tahun 1623,  ia lalu dikuburkan di Sikandra, Agra. Makan Ratu Jodha berjarak 1 km dengan makam Jalaluddin Akbar. 
  • Ada Masjid Ratu Jodha di Pakistan – Ternyata ada masjid Ratu Jodha, masjid ini dibangun oleh Jahangir atau Salim untuk menghormati ibunya yakni Ratu Jodha. Lokasinya terletak di Walled City of Lahore, Pakistan. Masjid yang dikenal dengan nama Masjid Mariam Zamani Begum Sahiba ini masih ada hingga sekarang dan menjadi salah satu masjid terbesar di Pakistan. 

Fakta Aneh Ratu Jodha Serial Jodha Akbar ANTV 

Fakta Aneh Tentang Ratu Jodha Serial Jodha Akbar ANTV

Kamu bisa juga membaca fakta-fakta aneh, unik, dan menarik lainnya dari kabarasia.com:
10 Fakta Menarik Serial Jodha Akbar yang Wajib Kamu Tahu
Hal-Hal Aneh dalam Serial Ashoka ANTV yang Wajib Kamu Tahu
Hal Nyata yang Tidak Pernah Kamu Pikirkan saat Menonton Film India

Kamu bisa juga baca profil pemain serial Jodha Akbar ANTV dan serial lainnya
Profil Artis Rajat Tokas Pemeran Raja Jalaluddin
Profil Artis Paridhi Sharma Pemeran Ratu Jodha
Profil Lengkap Pemain Utama Ashoka ANTV
Sinopsis Serial Ashoka dan Sejarahnya

BONUS!
Profil Lengkap Pemain Drama Turki Shehrazat ANTV
Profil Lengkap Pemain Drama Turki Cinta di Musim Cherry Trans TV

Nah itulah ulasan mengenai fakta aneh tentang Fakta Aneh Tentang Ratu Jodha Serial Jodha Akbar ANTV dan semoga kamu bisa mengambil manfaat dari tulisan ini ya :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fakta Aneh Tentang Ratu Jodha Serial Jodha Akbar ANTV yang Wajib Kamu Tahu

1 comments:

  1. setauku, saking sayangnya Salim ( anak Ratu Jodha-Raja Jalal ) pada ibunya, bahkan setelah meninggal pun Salim mengubur ibunya dng tata cara agama Salim, yakni Muslim. dan di tv pun, pd akhirnya ratu Jodha jadi pedagang kok :)
    oya, untuk nama Mariam Uz-Zamani itu diberikan kepada ratu yg memberikan anak pertama kepada Raja. setelah Salim jadi Raja, maka posisi Ratu Jodha beralih jadi Mariam Makani (Ibu dari Raja yg berkuasa).

    BalasHapus